Lokomotif CC 300 saat melakukan Test Run Membawa Kereta Kedinasan Melintasi Jembatan Lahor
Foto :courtesy Andriawan Pratikno
Sumber tenaga Diesel hidraulik | |
---|---|
Perusahaan pembuat | PT INKA (Indonesia) |
Tanggal pembuatan | 2011-2012 |
Spesifikasi | |
Susunan roda AAR | C-C |
Klasifikasi UIC | Co'Co' |
Lebar trak | 1.067 mm |
Panjang | 19 m |
Lebar | 2,642 m |
Berat lokomotif | 90 ton |
Jenis bahan bakar | Diesel |
Kecepatan maksimum | 120 km/jam |
Keluaran daya | 2500 HP |
Lokomotif CC300 merupakan salah satu seri lokomotif yang berada di Indonesia. Lokomotif ini dibuat oleh PT INKA desain dan integrasi sistemnya murni hasil pemikiran engineer Indonesia.
Lokomotif ini mempunyai panjang 19 m, lebar 2,642 m dan berat sekitar 90 ton. Kecepatan maksimalnya adalah 120 km/jam, power outputnya adalah 2500 HP dan memiliki traksi effort sebesar 270 KN untuk starting. Mesinnya memakai mesin diesel Caterpillar dengan transmisi dari Voith. Sistem pengereman memakai produk Wabtec, master controller memakai produk Woojin dari Korea Selatan, juga dilengkapi dengan genset C15 dari Caterpilar sehingga tidak memerlukan kereta pembangkit jika menarik rangkaian kereta penumpang.
Saat ini sudah ada 3 lokomotif CC300 yang dibuat oleh PT INKA dan sedang menjalani test run di pabrik INKA. Direncanakan lokomotif ini akan ditempatkan di Dipo lokomotif Jember karena dipo itu tak mempunyai banyak lokomotif. Belum diketahui pasti apakah PT INKA akan membuat lokomotif ini lagi.
Sumber : Wikipedia
Sumber : Wikipedia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar